Enlightening ourselves

arief gaffar

Adam dan Hawa juga manusia… Oktober 3, 2006

Filed under: Hikmah — ariefgaffar @ 8:37 am

Terus terang selama bulan puasa ini, acara TV yang paling favorit buat saya adalah acara Tafsir Al Mishbah di MetroTV setiap jam 3 sd 4 pagi sambil menemani kita sahur.

Acara itu difasilitasi oleh Lula Kamal dengan narasumber utama Bapak Dr Quraish Shihab salah satu ahli tafsir Al-Qur’an di negara kita tercinta. Untuk diskusi dan tanya jawabhadir juga sekitar 3 orang khusus untuk bertanya dan mungkin sekitar 20-30an orang yang biasanya berasal dari kelompok pengajian atau majelis ta’lim.

Saya lupa pada saat hari keberapa, Pak Quraish sempat menyatakan bahwa kalaupun Adam dan Hawa tidak memakan buah yang terlarang maka Tuhan akan tetap akan menurunkan mereka ke bumi.

Seperti kita tahu Adam digoda oleh syaithan dengan cara memberikan prasangka buruk ke Adam dan Hawa terhadap Tuhan melalui ucapannya bahwa Tuhan melarang Adam dan Hawa memakan buah itu karena buah itu akan menyebabkan Adam dan Hawa menjadi abadi yang tentu saja tidak diinginkanTuhan.

Pak Quaraish sempat membacakan ayat al-Quran yang saya lupa surat apa dan ayat berapa yang isinya kira2 bahwa Tuhan sudah menyiapkan tempat bagi manusia sebelumnya.

Terus terang selama ini yang saya fahami adalah gara2 Adam dan Hawa makan buah terlarang maka kita manusia jadi hidup di bumi..

Kalau difikir sangat tidak logis kan kalau manusia bisa abadi sama seperti Tuhan.. Tapi Adam dan Hawa juga manusia sehingga bisa tergoda oleh rayuan maut Syaithan..

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s