Enlightening ourselves

arief gaffar

Jabatan manajemen TI tapi trainingnya produk.. Oktober 3, 2006

Filed under: Teknologi Informasi — ariefgaffar @ 3:10 am

Adalah hal yang lazim jika rekan IT Professional senang mengikuti training produk entah itu software atau hardware. Apalagi kalau keluar versi baru nya.

Hal itu sangat tepat mengingat semua software dan hardware yang dimiliki perusahaan harus dioperasionalkan dengan baik.

Tapi jika anda seorang IT Professional dan saat ini telah menduduki posisi manajerial di unit TI di perusahaan, Apakah anda hanya akan mengikuti training produk saja?

Sering saya amati banyak rekan yang duduk dalam posisi manajemen TI masih terlibat dengan pekerjaan teknis operasional sehari-hari sehingga masih belum terfikir akan kebutuhan training selain produk management skill, communication skill, leadership, Coaching skill dan lainnya.

Padahal sebagai suatu unit organisasi, unit TI juga harus dikelola menggunakan teknik-teknik manajemen yang sebagian serupa dengan yang digunakan untuk mengelola unit organisasi lainnya seperti HR, Marketing, Penjualan dan lainnya.

Ada banyak masalah yang timbul jika unit TI tidak dikelola dengan baik dan membutuhkan penjelasan yang panjang lebar untuk itu. Hal itu sayangnya sering tidak disadari oleh manajemen unit TI yang masih heboh dengan urusan teknis operasional. Sehingga organisasi/perusahaan sering menderita karenanya.
Kebetulan fokus saya dan teman-teman di Intersystem Consulting lebih pada aspek manajemen TI daripada aspek teknis operasional.

Pada batch kesekian training “Software Quality Assurance” yang kami selenggarakan, terdapat peserta dari Thames Jaya yaitu Pak Windra.

Beliau cerita kalau di perusahaannya, orang-orang dengan jabatan/kewenangan dan jobdesc tertentu tidak diperbolehkan mengikuti training yang bersifat produk baik software mapun hardware termasuk dirinya. Jadi Pak Windra diarahkan untuk mengambil training yang sifatnya konseptual.

Terus terang jarang saya menemukan policy perusahaan yang mengatur masalah tersebut.

Salut.. tentunya bukan karena policy tersebut sesuai dengan bidang jasa training kami, tapi memang benar-benar berbeda kok kebutuhan training teknis operasional TI dengan kebutuhan training manajemen unit TI..

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s