Enlightening ourselves

arief gaffar

Detikinet.com: Dewan TIK Nasional: 2 Pendekatan Legalisasi Software November 13, 2006

Filed under: Berita,Teknologi Informasi — ariefgaffar @ 12:00 am

Senin , 13/11/2006 18:07 WIB

Dewan TIK Nasional: 2 Pendekatan Legalisasi Software

Luhur Hertanto – detikInet

Jakarta, Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Nasional tengah menyiapkan dua pendekatan dalam mengupayakan legalisasi software.

Hal tersebut diungkap Menteri Komunikasi dan Informatika Sofyan Djalil, yang juga menjabat sebagai ketua harian Dewan TIK Nasional, usai acara peresmian yang berlangsung di Istana Bogor, Senin (13/11/2006).

Sofyan menjelaskan, dewan sampai saat ini telah menginventarisir sejumlah program bidang TIK, termasuk diantaranya upaya-upaya melegalisasi software yang digunakan pemerintah.

“Seperti kata Presiden, kita membutuhkan pengadaan jaringan ke 43 ribu desa, 32 ribu SMP dan SMA, dan 2 ribu perguruan tinggi. Termasuk koneksi ke rumah sakit dan instansi pemerintahan serta departemen dari pusat sampai daerah, agar nanti seluruh Indonesia terhubung dengan fiber optic,” papar Sofyan.

“Tapi yang paling penting adalah legalisasi software yang digunakan pemerintah, kita sudah bicarakan ini dengan pemilik hak intelektual,” ujar Sofyan. “Ada dua pendekatan yang kita pakai, untuk Departemen Ristek dan PTN (perguruan tinggi negeri) mereka akan kembangkan Indonesia Goes Open Source, sedangkan di luar dua itu maka legal software-nya adalah yang hak intelektualnya akan pemerintah legalkan,” paparnya.

Pemerintah, menurut Sofyan, sedang melakukan diskusi sangat serius dengan pemilik copyright, dalam hal ini Microsoft untuk legalisasi di instansi pemerintah. “Dalam waktu dekat kita akan umumkan berapa lama jangka waktu penyelesaiannya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sofyan menjelaskan bahwa dewan telah menginventarisir sejumlah program lainnya seperti implementasi TV digital, 3G, pengembangan WiBRO, dan pengembangan PC murah. (nks/nks)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s