Enlightening ourselves

arief gaffar

detikInet.com: ‘Internet Mahal, Margin Operator Perlu Dikurangi’ Desember 8, 2006

Filed under: Berita,Teknologi Informasi — ariefgaffar @ 12:00 am

Jumat , 08/12/2006 21:00 WIB

‘Internet Mahal, Margin Operator Perlu Dikurangi’

Achmad Rouzni Noor II – detikInet

Jakarta, Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Detiknas) tengah mengkaji upaya penurunan tarif internet. Faktor penyebab mahalnya tarif tengah ditelaah untuk dicarikan solusinya.

Jos Luhukay, salah satu anggota tim pelaksana Detiknas memaparkan hal tersebut saat berbicara di acara Business Outlook 2007, yang berlangsung di hotel Le Meredien, Jakarta, Jumat (8/12/2006). Menurutnya, dewan tengah membahas hal-hal yang menjadi sektor penghambat perkembangan ekonomi, salah satunya adalah mahalnya biaya akses internet.

“Pembahasannya adalah mencari tahu komponen yang menyebabkan tarif internet mahal, dan bagaimana internet bisa lebih murah,” kata Jos Luhukay. “Hal yang akan dibahas adalah teknologi. Isunya apakah itu last mile, ataukah satelite cost, atau juga jangan-jangan landing right yang kemahalan,” paparnya.

Menurutnya, dewan akan menyarankan Indonesia untuk menggunakan satelit negara lain, kalau memang itu diperlukan untuk menjadi pesaing sehingga dapat menurunkan komponen biaya akses internet. “Kenapa itu (komponen biaya akses-red) tidak bisa lebih murah, ya mungkin kita perlu ada pesaing lain,” ujarnya.

Jos juga menyampaikan hal lain yang kemungkinan memicu mahalnya biasa akses internet. Menurutnya, dari hasil diskusi dengan sesama anggota dewan, ada kekhawatiran bahwa kondisi di negara kita seperti membiarkan operator untuk mematok harga tinggi, tapi layanannya jadi tidak terjangkau oleh masyarakat.

“Jangan-jangan kita terlalu membiarkan operator memasang harga tinggi, tapi yang makai layanan mereka tidak banyak,” ungkapnya.

Dia pun menilai, margin keuntungan operator terlalu tinggi. “Income dari operator sudah terlalu tinggi, sementara layanan yang untuk rakyat itu dilupakan. Timbul kesenjangan di sana. Apakah itu adil? Bagaimana kalau margin keuntungan dikurangi sedikit, tapi penyebaran bertambah,” tandasnya.(nks/nks)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s