Enlightening ourselves

arief gaffar

detikInet: Pemerintah Tegaskan Dukungan Pada Open Source Desember 29, 2006

Filed under: Berita,Teknologi Informasi — ariefgaffar @ 1:56 am

Jumat , 29/12/2006 17:48 WIB

Pemerintah Tegaskan Dukungan Pada Open Source

Jakarta, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Sofyan Djalil mengatakan deklarasi IGOS belum dilupakan. Salah satu buktinya, Pemerintah akan mewajibkan produsen perangkat keras untuk menyertakan driver untuk sistem operasi Open Source.

Hal itu akan dilakukan melalu sebuah Peraturan Menteri (Permen). “Mudah-mudahan Januari (Permen) itu bisa jalan,” tukasnya seusai klarifikasi seputar Memorandum of Understanding (MoU) Microsoft-Indonesia di Gedung Depkominfo, Jakarta, Jumat (29/12/2006).

Peraturan itu, ujar Sofyan, dilandaskan pada kendala yang kerap dialami pengguna sistem operasi Open Source. “Kebanyakan kendalanya di hardware, seperti saat mau install printer dan sebagainya susah. Ke depannya kita akan keluarkan Permen agar perangkat komputer disertakan driver yang mendukung piranti lunak Open Source,” Sofyan menjelaskan.

Saat ini Pemerintah menuai kontroversi dengan menandatangani MoU dengan Microsoft. Menurut Sofyan MoU itu selain tidak mengikat juga tidak akan berdiri sendiri. “Setelah MoU dengan Microsoft kita akan adakan MoU dengan pihak lainnya, termasuk dengan Open Source,” ia menambahkan.

Di masyarakat saat ini juga telah beredar dokumen MoU yang isinya dirahasiakan tersebut. Salah satu yang beredar mengandung lampiran mengenai jumlah lisensi yang akan dibeli pemerintah.

Sofyan tidak mengiyakan ataupun menampik keabsahan dokumen yang beredar. Ia hanya berkomentar bahwa pemerintah saat ini belum mengetahui jumlah lisensi yang dibutuhkan. “Sekarang sensus (komputer di pemerintahan) saja belum. Bagaimana kita bisa tahu berapa-berapanya?” tutur Sofyan. (wsh/wsh)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s