Enlightening ourselves

arief gaffar

detikInet: Di Balik MoU RI-Microsoft Ada Kepentingan Strategis? Januari 11, 2007

Filed under: Berita,Teknologi Informasi — ariefgaffar @ 12:00 am

Kamis , 11/01/2007 15:58 WIB

Di Balik MoU RI-Microsoft Ada Kepentingan Strategis?

Ardhi Suryadhi – detikInet

Jakarta, Tidak transaparansinya isi nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara pemerintah Republik Indonesia dengan PT Microsoft Indonesia, memunculkan anggapan bahwa ada kepentingan strategis di balik MoU ini.

“Di internalnya (Depkominfo-red) sendiri tertutup, termasuk di jajaran dirjen, apalagi di kementrian lain yang terkait, padahal lima kementrian itu sudah berkomitmen untuk pengembangan IGOS. Mungkin ada kepentingan strategis?” ujar Dedi Djamaluddin Malik, anggota komisi I DPR, saat konferensi pers yang berlangsung di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (11/1/2007).

Sulitnya untuk meminta naskah MoU yang resmi dari Departemen Komunikasi dan Informatika juga menjadi dasar anggapan itu. Menurut Tristanti Mitayani, salah satu anggota komisi I DPR, pihaknya sampai saat ini belum mendapatkan naskah resmi MoU tersebut.

“Kami minta MoU itu lebih dari seminggu ke Kominfo tapi sampai saat ini tidak diberikan, jadi kami belum dapat naskah resmi dari pemerintah, naskah ini saja kami dapat dari seorang sumber,” ujarnya sambil menunjuk lembaran MOU yang diduga dokumen resmi ini.

Tristanti sangat menyesalkan harus menerima dokumen MoU tersebut bukan dari Depkominfo. Padahal, menurutnya, sampai saat ini belum ada satu pun undang-undang di Indonesia yang melarang Depkominfo untuk memberikan dokumen tersebut. (ash/nks)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s