Enlightening ourselves

arief gaffar

detikInet: Sulit Transisi ke Open Source Januari 17, 2007

Filed under: Berita,Teknologi Informasi — ariefgaffar @ 12:00 am

Rabu , 17/01/2007 21:50 WIB

Sulit Transisi ke Open Source

Jakarta, Sulitnya proses transisi menuju Open Source secara menyeluruh di Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) seperti yang dilakukan Kementerian Riset dan Teknologi (Ristek) menurut Alexander Rusli, staf khusus Menkominfo, salah satunya disebabkan faktor sumber daya manusia (SDM) di Depkominfo.

“SDM di Depkominfo tidak sebagus di Ristek, sehingga penggunaan Open Source disini perlu proses,” ujar Alex, saat acara diskusi bertajuk “Pilih Open Source atau Microsoft?” yang digelar di Kedai Tempo Utan Kayu, Jakarta (17/1/2007).

Alex menambahkan, proses transisi bukanlah suatu pekerjaan yang mudah, jadi perlu waktu dalam pelaksanaannya sehingga dalam transisi tersebut pekerjaan pemerintah tidak terganggu.

“Maka dari itu, kita meminta Ristek sebisa mungkin memimpin proses transisi menuju Open Source, tapi perlu proses, it’s not that simple,” lanjut Alex.

Bukan Sulit, Tapi Kemauan

Kesulitan menggunakan Open Source sebagai faktor terhambatnya proses transisi dibantah oleh salah satu penggiat Open Source, Rusmanto . “Bukan kesulitannya tetapi kemauannya, jadi yang sulit adalah menimbulkan kemauan itu,” tegasnya.

Buktinya, Rusmanto menjelaskan, salah satu institusi swasta menjalankan kebijakan harus menggunakan Open Source saat presentasi, jadi ketika ada pegawai yang menggunakan aplikasi proprietary maka presentasi tersebut harus ditunda.

“Jadi kebijakan top down ini yang harus berjalan. Apalagi, Depkominfo merupakan satu dari lima departemen pemerintah yang berkomitmen untuk mengembangkan IGOS Nusantara, seharusnya melakukan pergerakan Open Source” tambah Rusmanto.

Gerakan migrasi pemerintah ke Open Source saat ini juga dirasa Rusmanto masih kurang. Padahal peluangnya sangat besar untuk lebih dikembangkan, namun sayangnya hanya beberapa Institusi pemerintah yang baru menjalankan, tandasnya.
(ash/ash)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s