Enlightening ourselves

arief gaffar

detikInet: Pemerintah Berhadapan dengan Komunitas Open Source Januari 18, 2007

Filed under: Berita,Teknologi Informasi — ariefgaffar @ 12:00 am

Kamis , 18/01/2007 16:54 WIB

Pemerintah Berhadapan dengan Komunitas Open Source

Achmad Rouzni Noor II – detikInet

Jakarta, Perjanjian antara pemerintah dan Microsoft yang tertuang dalam nota kesepahaman (MoU) membuat komunitas penggiat Open Source gerah. Pemerintah pun merangkul komunitas tersebut untuk bicara.

“Kalau dilihat dari sisi positifnya, MoU tersebut bagaikan blessed in disguise. Buktinya bisa membuat komunitas open source bersatu,” tukas Menkominfo Sofyan A. Djalil di hadapan para penggiat open source yang hadir memenuhi undangan pertemuan di kantornya, gedung Depkominfo, Kamis (18/1/2007).

Tanpa adanya MoU itu, kata Sofyan, banyak pihak yang tidak peduli dengan Microsoft, Open Source, maupun masalah pembajakan. Dengan ditekennya MoU tersebut, lanjutnya, semua orang menjadi terbuka dan peduli. “Paling tidak masalah ini menjadi masalah publik. Saya tidak punya apriori apa pun,” ujar Sofyan.

Pertemuan ini dihadiri oleh penggiat, praktisi, akademisi, dan pebisnis yang bergelut di dunia open source, antara lain, I Made Wiryana, Heru Nugroho, Romi Satria Wirawan, Frans Thamura, Adang Suhendra, Teddy Sukardi, Bona Simanjuntak, Rusmanto, Hidayat Tjokrojojo.

Sedangkan dari sisi pemerintah, hadir pula Wakil Ketua Harian Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional Kemal Stamboel, Dirjen Aplikasi Telematika Cahyana Ahmadjayadi, Direktur Pengembangan Piranti Lunak Depkominfo Lolly Amalia, serta Staf Ahli Menkominfo Alexander Rusli. (rou/nks)

 

One Response to “detikInet: Pemerintah Berhadapan dengan Komunitas Open Source”

  1. […] berita di detikInet bertajuk Pemerintah Berhadapan dengan Komunitas Open Source yang membuat saya tergelitik untuk […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s