Enlightening ourselves

arief gaffar

detikInet: Pemerintah Desak Peningkatan Mutu Open Source Januari 18, 2007

Filed under: Berita,Teknologi Informasi — ariefgaffar @ 12:00 am

Kamis , 18/01/2007 18:26 WIB

Pemerintah Desak Peningkatan Mutu Open Source

Achmad Rouzni Noor II – detikInet

Jakarta, Pemerintah mendesak komunitas Open Source untuk lebih meningkatkan pengembangan produknya menjadi solusi bisnis yang terpadu sehingga bisa menyediakan aplikasi bagi sekitar 500 ribu unit komputer pemerintah melalui multiplatform.

“Untuk mewujudkan pengadaan multiplatform tersebut pemerintah merasa perlu mengubah Keppres tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah,” kata Menkominfo Sofyan A. Djalil. “So, can we make it a business, not just a hobby?,” tanya dia pada komunitas Open Source, di gedung Depkominfo, Kamis (18/1/2007).

Menteri sendiri tak mau menyebutkan angka pasti anggaran pemerintah bagi pengadaan software di instansi pemerintahan. Tapi sebagai gambaran, Dirjen Aplikasi Telematika Depkominfo Cahyana Ahmadjayadi mengungkapkan dari Rp 21 miliar dana untuk pengadaan software di departemennya sekitar Rp 15 miliar digunakan untuk implementasi Open Source.

Sedangkan Depdiknas sendiri menganggarkan sekitar Rp 46 triliun untuk pengadaan software di lingkungannya tahun 2007. Sementara pada tahun 2008, sekitar 20% dari dana tahun ini.

Direktur Pengembangan Piranti Lunak Depkominfo Lolly Amalia Abdullah mengatakan, anggaran dari Depkeu bagi perawatan per unit komputer di instansi pemerintahan adalah sebesar Rp 600 ribu.

“Sehingga bila diasumsikan jumlah komputer di sektor pemerintahan sebanyak 500 ribu unit maka akan terdapat anggaran sebesar Rp 300 miliar per tahun yang mungkin bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis Open Source,” ujarnya.

Di kesempatan yang sama, penggiat Open Source sekaligus akademisi Universitas Gunadarma, I Made Wiryana, mengatakan perkembangan Open Source di Indonesia telah berkembang pesat. Saat ini, menurutnya, telah ada sekitar 15 distro buatan dalam negeri.

“Pemerintah seharusnya bisa mensurvei jumlah komputer yang bisa dan tidak bisa dimigrasikan ke Open Source. Dan sebagai jalan tengah pemerintah bisa tetap mengimplementasikan Windows pada komputernya sementara Office sebagai komponen termahal menggunakan Open Office,” ujarnya.

Menurut Made, Open Office telah bisa digunakan oleh instansi dan kantor-kantor swasta untuk bertransaksi dengan rekanan lain yang menggunakan Windows dan standar terbuka.(rou/wsh)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s