Enlightening ourselves

arief gaffar

detikInet: Pemerintah Paralel Terapkan Open Source dan Microsoft Januari 18, 2007

Filed under: Berita,Teknologi Informasi — ariefgaffar @ 12:00 am

Kamis , 18/01/2007 18:11 WIB

Pemerintah Paralel Terapkan Open Source dan Microsoft

Jakarta, Pemerintah menegaskan akan mendukung penerapan open source di institusinya terutama di daerah, bersamaan dengan implementasi software Microsoft sebagai kelanjutan dari hasil perjanjian kesepahaman (memorandum of understanding/MOU).

“MOU tersebut sama sekali tidak mengikat sehingga masih ada kemungkinan bagi pemerintah untuk melakukan negosiasi ulang dengan penyedia software asal AS tersebut,” Menkominfo Sofyan A. Djalil menandaskan di sela-sela pertemuan antara Menkominfo dengan komunitas open source di gedung Depkominfo, Kamis (18/1/2007).

Dalam merealisasikan MOU tersebut, pemerintah menunggu dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Nasional Perubahan (APBNP) yang kemungkinan besar mengucur akhir tahun 2007 ini.

Menkominfo menyatakan tidak mungkin untuk membatalkan MOU karena akan melanggar Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) sementara citra Indonesia di lingkungan internasional akan makin buruk.

“Jika MoU dengan Microsoft disepakati, maka seluruh kantor pemerintah akan dianggap legal. Tapi kalau MoU dibatalkan, kita akan terang-terangan dituduh melegalkan pembajakan HaKI,” jelasnya.

Sebagai bentuk konkrit dukungannya terhadap open source, ujar Sofyan, pemerintah juga akan mendukung pengembangan open source melalui implementasi pengadaan peranti lunak multiplatform pada komputer di sektor pemerintahan dan pembangunan Help Desk. (rou/nks)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s