Enlightening ourselves

arief gaffar

Adam Air, Sistem Informasi dan Internal Control Januari 24, 2007

Filed under: Audit,Organisasi,Teknologi Informasi,Transportasi,Umum — ariefgaffar @ 1:46 am

Masih ingat posting saya berjudul Layanan Penumpang Maskapai Penerbangan kita… ? Pada tulisan tersebut, saya menggunakan singkatan AA untuk maskapai penerbangan yang saya maksud.. Sekarang kayaknya saya ungkapkan saja kalau AA itu sebetulnya adalah Adam Air.

Setelah kejadian hilangnya pesawat Adam Air, mungkin tulisan jadi tambahan berita yang gak bagus buat Adam Air.. Tapi apa boleh buat, biar manajemen Adam Air benar-benar mengerti apa yang dirasakan konsumennya tentang kualitas layanan Adam Air..

Ada banyak blog yang berisi posting tentang Adam Air salah satunya milik teman kita Priyadi: Tentang Musibah Adam Air

Namun tulisan saya ini mengamati Adam Air dari segi kualitas layanan penumpang dan manajemen backoffice nya.

Pada tulisan saya sebelumnya tersebut, saya cerita bahwa akhirnya saya terpaksa memutuskan untuk menambah sejumlah uang untuk mendapatkan tiket ke kelas yang lebih tinggi agar ibu & adik saya bisa tetap berangkat. Karena menurut petugas tersebut, tiket yang sudah kami beli dari travel ternyata menurut mereka statusnya tidak terdaftar..

Akhirnya ibu & adik saya berangkatlah ke yogja untuk mendapatkan pengobatan tumor/kanker paru2 yang dialaminya..

Nah, yang menarik setelah kita pelajari kwitansi tanda terima uang dari petugas Adam Air di bandara Cengkareng, ternyata tidak terlihat suatu tanda2 yang bisa meyakinkan kita bahwa uang itu pasti masuk ke perusahaan alias tidak ke kantong pribadi petugas. Hehehe..

Hal itu menjadi tanda-tanda bahwa sistem informasi yang ada di back-office sedemikian rupa tidak bisa menangani kemungkinan terjadinya transaksi seperti itu dengan asumsi bahwa, kejadian tiket yg sudah dibeli namun dianggap belum terdaftar adalah bukan kejadian yg di rekayasa petugas tersebut.

Kenapa bisa begitu? Salah satunya adalah karena pembuatan sistem informasi nya tidak memperhatikan kemungkinan adanya risiko yang bisa membuat sistem informasi tersebut di by-pass misalnya..

Nah disini perlunya perancangan internal control pada saat disain aplikasi, kebijakan, prosedur.. Pada aplikasi yang dibangun, kemudian internal control tersebut ditanamkan kedalam aplikasi dan kemudian ikut di test untuk mengetahui apakah internal control tersebut berfungsi sebagaimana diharapkan..

Orang banyak sepakat bahwa aplikasi itu adalah suatu sistem, dimana terdapat tahap input, proses dan output.

Salah satu tujuan internal control yang ditanam pada tahapan input adalah bertujuan untuk memastikan tidak ada transaksi yang tidak tercatat alias tidak masuk kedalam aplikasi..

Nah, kita bisa membayangkan ada berapa jenis transaksi lain yang berhubungan dengan uang masuk yang tidak tercatat alias tidak masuk kedalam kas Adam Air..

Jadinya terlalu banyak yang jadi pertanyaan kita.. kebijakan maintenance yg tidak prioritas, manajemen dan sistem informasi back office yang buruk.. dan mungkin juga kultur perusahaan yang gak bagus juga.. hehe..

Lha wong permainan petugas tiket itu dilakukan terbuka.. Jangan-jangan, seperti biasanya, semua memang sedang asyik bermain alias punya mainan sendiri2.. Atau karena boss2 pada punya mainan yah kita juga dong..

Menyedihkan..

 

One Response to “Adam Air, Sistem Informasi dan Internal Control”

  1. Fatur Says:

    Your site is very cool, i love it
    success for you..and nice to know you
    If you have time , please visit my site at http://www.audithink.com
    Thank you

    Regards,
    Fatur
    Founder http://www.audithink.com | your audit knowledge center


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s