Enlightening ourselves

arief gaffar

MOU Indonesia dg Microsoft: blessed in disguise ? garing banget.. Januari 26, 2007

Filed under: Audit,Hikmah,Organisasi — ariefgaffar @ 2:55 am

Seneng juga ngikutin berita-berita yang terkait dengan MOU Indonesia dengan Microsoft.

Ada berita di detikInet bertajuk Pemerintah Berhadapan dengan Komunitas Open Source yang membuat saya tergelitik untuk mengomentarinya..

Pada berita tersebut, Menkominfo menyatakan:

“Kalau dilihat dari sisi positifnya, MoU tersebut bagaikan blessed in disguise. Buktinya bisa membuat komunitas open source bersatu,” tukas Menkominfo Sofyan A. Djalil di hadapan para penggiat open source yang hadir memenuhi undangan pertemuan di kantornya, gedung Depkominfo, Kamis (18/1/2007).

Tanpa adanya MoU itu, kata Sofyan, banyak pihak yang tidak peduli dengan Microsoft, Open Source, maupun masalah pembajakan. Dengan ditekennya MoU tersebut, lanjutnya, semua orang menjadi terbuka dan peduli. “Paling tidak masalah ini menjadi masalah publik. Saya tidak punya apriori apa pun,” ujar Sofyan.

Saya sangat setuju dengan substansi perkataan Menkominfo tersebut. Namun , tidak tepat untuk diucapkan oleh Menkominfo.

Kenapa? saya berikan contoh analognya.. Misal, ada seorang atasan yang selalu bersikap keras, kasar dan tidak fair kepada seorang staf-nya. Bahkan atasan tersebut sering mengeluarkan nama-nama penghuni kebun binatang yang selalu dihafalnya. Hingga akhirnya staf tersebut berubah menjadi pribadi yang kuat dan justru semakin penyabar.

Hingga suatu ketika, staf tersebut akhirnya menjadi salahsatu pejabat di kantor tersebut yang berhasil serta mendapatkan respek tinggi dari para stafnya.

Atasannya yang kebetulan menjadi pejabat dengan level yang lebih tinggi di kantor yang lain sering bilang ke orang yang menemuinya bahwa mantan staf nya itu berhasil karena didikannya yang keras hehehe.. “Kalau bukan karena saya, mana bisa dia bisa tahan banting dan sukses seperti sekarang!”

Nyebelin banget kan ngelihat mantan Boss yang kayak gitu!!

Memang Menkominfo belum sampai tahap dimana beliau mengakui bahwa aktivis OpenSource bisa bersatu gara2 beliau. Tapi batas nya udah tipis sekali. Udah nyaris sama..

Nah, adanya hikmah MOU Indonesia dengan Microsoft yang membuat aktivis Open Source Software bersatu bukan berarti kita harus berterimakasih atas adanya MOU.

Justru yang jadi pertanyaan saya adalah kenapa pertemuan seperti itu tidak diadakan sebelumnya, jauh sebelum MOU disepakati dengan Microsoft?

Jika DeTIKNas concern dengan masalah pemberantasan penggunaan software bajakan maka sudah seharusnya mencari solusi yang kemudian ditetapkan menjadi suatu kebijakan pemberantasan penggunaan software bajakan secara nasional.

Nah pertemuan dengan komunitas open source software harusnya sudah dilakukan pada tahapan pemahaman dan identifikasi masalah dari suatu proses pengambilan keputusan untuk menyusun kebijakan pemberantasan penggunaan software bajakan yang menyeluruh..

Nah kalau ditelusuri lebih lanjut, ternyata ketika baru saja diresmikan, Menkominfo selaku ketua Detiknas sudah menyatakan bahwa pemerintah akan melakukan legalisasi software dengan cara salahsatunya membayar lisensi..

Kembali lagi ke pokok masalah, Hikmah tersebut kan tidak termasuk tujuan pembuatan MOU Indonesia dengan Microsoft.. Jadi yang perlu mensyukuri ya bukan Menkominfo, tapi komunitas Open Source itu sendiri

Lagi pula apakah karena ada hikmahnya lalu Menkominfo mau revisi MOU dengan Microsoft melalui cara-cara yang gak gentleman dan gak profesional lagi? Atau kita berharap ada lagi MOU-MOU yg gak transparan supaya kita jadi bersatu?

Catatan:
Kenapa cara pembuatan MOU saya sebut gak profesional? karena tidak mengikuti proses tahapan pembuatan keputusan yang berkualitas.. Silahkan baca di tulisan saya DeTIKNas: Bete banget deh… dan MOU Indonesia dg Microsoft: Proses pengambilan keputusan yang patut dipertanyakan kualitasnya..

 

One Response to “MOU Indonesia dg Microsoft: blessed in disguise ? garing banget..”

  1. audithink Says:

    Hi..your blog is very cool, i love it
    if you have time..please visit to my site at www dot audithink dot com
    nice to know you

    regards,
    fatur
    e-mail : fatur_im2@yahoo.com
    http://www.audithink.com/
    your audit knowledge center


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s