Enlightening ourselves

arief gaffar

About September 23, 2006

Nama dan asal-usul

Saya arief abdul gaffar, lebih sering disingkat jadi arief gaffar saja. Namun dulu ada teman yang iseng merubah nama saya menjadi arab go far alias orang arab pergi jauh. arab = arief abdul; go far=gaffar. Dilingkungan sekitar rumah orang tua, saya sering dipanggil dengan nama ai’.

Walau nama saya arab habis, namun saya bukan orang arab karena orang tua saya berasal dari suku jawa. Tentu saja tidak masalah kalaupun saya harus terlahir dari orang tua Arab atau suku dan ras lainnya. What a heck!!

Bangku Sekolahan

Terus terang saya bukan anak sekolahan yang baik terutama sejak memasuki SLTA hehe.. Tamat SMP Islam Al-Azhar Kebayoran Baru tahun 79, SMAN 70 Bulungan 1982, D3 Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) 1985 dan UI Fakultas Ekonomi Program Ekstension tahun 1998 (padahal masuk 1989.. haha)

Oh ya, SMA saya sebetulnya SMAN XI tapi karena berantem terus sama SMA sebelah (SMAN IX) akhirnya digabung jadi SMAN 70. Kata teman-teman angka 70 itu datangnya dari rumus 9 pangkat 2 dikurangi 11 hehe..

Gawean

Saya jadi Calon Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun 1982. Jadi PNS tahun 1982. Dulu kalau kuliah D3 STAN pasti otomatis diangkat jadi PNS.

Saat itu kebanyakan lulusannya ditampung di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Saya suka memelesetkannya menjadi Badan Pegel Kepala Puyeng hehehe..

Lulus D3 disuruh kerja di Kantor Perwakilan BPKP Sumatera Utara di Medan dari 1985-1989. Abis itu balik ke Jakarta di BPKP Pusat. Setelah lama capek korupsi waktu, akhirnya 1999 berhenti jadi PNS.

Korupsi waktu? Ya.. seperti pada umumnya PNS, kalau mau cari duit tambahan ya terpaksa korupsi waktu kerja diluar kantor.. I was just an ordinary PNS..
Minimal gak korupsi kekuasaan atau korupsi uang.. Just an ordinary man with a bunch of excuses.. hehe..

Sekarang mangkal di Intersystem Consulting with much more time and space to enlight myself..

Hobi

Saya tergila-gila dengan musik rock hampir semua jenis. Tapi gak nolak dengerin musik-musik enak lainnya.

Musik rock membuat hidup saya jadi lebih semangat. Dulu, pas SMA, belajar untuk ujian selalu ditemani musik rock hehe.. maksudnya supaya gak ngantuk hehe.. maklum belajar SKS (sistem kejar semalam) sampe jam 2-3 pagi..

Saya paling gak suka musik-musik kayak musik dugem yang bunyinya ajep..ajep.. gak jelas.. Jd sebel banget kalau pas muter radio jumat sore/malam pas pulang kantor, soalnya radio-radio udah pada mulai muterin musik yang ajep-ajep gitu..

Hobi lain saya adalah mikir hehehe.. bahan mikir biasanya dateng dari baca buku atau media lainnya, ngamatin kehidupan sehari-hari dan bahkan curhatan dari teman2 yang gak tahu kenapa pada percaya sama saya.. hehe.. Jadinya pusing sendiri deh..

Dulu pas jaman kuliah, pernah didatengin adiknya temen SMA yang sebetulnya saya gak begitu kenal.. tapi dia curhat abis kejadian berhubungan badan sama temen perempuannya.. padahal mreka masih pada SMP.. Coba apa gak pusing tuh..

Dari SMP saya udah sering baca buku-buku berat bahkan yang berhubungan dengan filsafat dan ilmu ketuhanan (teologi).. Novel berat seperti karangan Ernst Hemingway juga udah saya baca di SMP.

Kalau diingat-ingat, saya pernah sampai pada suatu periode dimana pada saat itu kalau saya gak kontrol pikiran saya mungkin sekarang udah gila.. hehe
Ibaratnya, seperti Valentino Rossi yang selalu mencoba tikungan dengan berbagai pendekatan sampai titik point of no return yang kalau dia paksain dia pasti jatuh..

Tapi ternyata terbiasa berfikir rumit bisa membuat saya dapat menemukan hal-hal yang lucu, menghibur, dan menyenangkan kok.. Jadi gak usah takut gila atau stress gara-gara mikir..

Terbiasa berfikir rumit juga bisa membuat humor atau ngebecandain orang tanpa harus menyinggung faktor ras, suku, fisik dan agama yang bersangkutan. Selalu akan ada ide baru untuk itu..

Kebiasaan berfikir juga membantu saya untuk menyarikan bahan yang bertebaran untuk disampaikan dalam bentuk pengajaran. Karena hobi saya yang berikutnya adalah mengajar.

Pada saat SD kelas 5 dan 6 saya suka mengajar membaca Al Qur’an untuk anak-anak yang umurnya lebih muda pada saat bulan puasa setelah shalat tharawih di masjid dekat rumah..

Prinsipnya, saya akan bahagia sekali kalau melihat orang lain mendapatkan hal baru dari apa yang saya sampaikan..
Sifat itu saya dapet dari Guru bahasa inggris semasa SMP dulu. Seperti halnya Guru yang lain, dia akan selalu bertanya apakah ada yang masih belum mengerti.. Jika ada, dia akan menjelaskan lagi dan biasanya dengan pendekatan yang berbeda.. Bahkan kalau masih belum mengerti, dia akan terdiam sejenak memikirkan pendekatan lain untuk menjelaskannya dan hebatnya dia selalu menemukan cara yang berbeda untuk menjelaskan sesuatu hal yang sama..

Waktu di SMA, saya terkesan dengan Guru matematik yang selalu bisa menjelaskan matematik dengan analog yang sangat mudah dicerna. Seingat saya beliau sebetulnya udah pensiun tapi mengajar lagi karena SMA saya kekurangan guru pada saat itu..

Hobi lain lagi adalah mencoba mengenali, bergaul dan beradaptasi dengan masyarakat dengan suku/ras dan/atau agama yang berbeda..

Secara individu, dulu SD kelas 5 dan 6 saya punya teman dekat tionghoa yang beragama Budha.. SMP homogen.. SMA punya temen deket beragama kristen dan hindu.. Jaman kuliah tidak ada yang sangat dekat.. Punya banyak teman orang tionghoa ketika kerja di Medan..

Saya setuju pendapat temen saya yang bilang: yang penting hidup di dunia itu harus selalu kerjasama mewujudkan hidup yang adil, damai, dan sejahtera

Profesi

Profesi saya sekarang lebih pada bidang IT Audit, IT Assurance, IT Governance, dan IT Management baik dalam hal memberikan jasa konsultasi maupun jasa edukasi. Tahun 1996 saya sudah mendapatkan CISA (Certified Information Systems Auditor) yang dikeluarkan oleh asosiasi praktisi audit, control dan security sistem informasi yang berkedudukan di Amerika Serikat. Asosiasi itu bernama ISACA atau Information Systems Audit and Control Associate. Tahun 2006 saya mendapatkan sertifikasi CISM (Certified Information Systems Security) dari asosiasi profesi yang sama. Sebelumnya ditahun 1998 saya pernah mendapatkan MCSE (MicrosoftCertified System Engineer). Pada saat itu operating system Microsoft yang populer adalah NT Server.

Kontak

  • voice:
    0815-940-2824
  • email:
    arief.gaffar@gmail.com
  • instant messaging:
    Yahoo!: ariefgaffar
    Google Talk: arief.gaffar
    ICQ: 138837307
 

7 Responses to “About”

  1. Nongki Says:

    Harusnya tambah dong dengan sejarah nama GOPAR!, Huahahaha ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  2. Goes Says:

    Mas Gaffar,

    Saya junior mas Gaffar dari kampus tercinta Purnawarman. Saya 256(kalo gak salah ingat)/STA/87. Sekarang saya pindah sawah….

    Salam,
    Agus

  3. ariefgaffar Says:

    Apa kabar.. Terakhir angkatan yg masih di purnawarman tahun berapa yah?

    Btw sekarang nyawah dimana? bisa japri ke arief.gaffar@gmail.com ?

    Thanks

  4. Fatur Says:

    Your site is very cool, i love it
    success for you..and nice to know you
    If you have time , please visit my site at http://www.audithink.com
    Thank you

    Regards,
    Fatur
    Founder http://www.audithink.com | your audit knowledge center

  5. ahmadhanafi Says:

    Wah pas dulu mampir ke Blog saya saya belum sempet track balik, ternyata mas Gaffar seorang CISA. wow.. boleh dung bagi2 ilmu. Saya seorang dengan latar belakang IT. Dan tertarik ke IT Auditing, mungkin mas Gaffar bisa memberikan masukan. Terimakasih sEbelumnya..

    regard,
    Hanafi

  6. simple life Says:

    waaks karirnya panjang banget ya……..
    wah otak ente kalo dijual murah dong keseringan dipake mikir soalnya……..hehehe,

  7. sirod Says:

    salam kenal pak Gaffar..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s